Komponen yang sering dipakai untuk Modifikasi mobil adalah adanya aplikasi Wing dan Body Kit. Mulai dari bahan dan bentuknya pun bermacam-macam, ada juga yang sudah berupa barang jadi alias add-on ataupun yang bikinan sendiri atau model custom.
Berikut adalah sedikit informasinya secara menyeluruh.
Wing
Penggunaan sayap / wing dibagian buritan (belakang) pada awalnya hanya dipakai pada mobil-mobil yang akan bertarung diarena balap untuk meningkatkan traksi ban, karena wing dipercaya mampu mengontrol arah angin yang datang ke mobil sehingga mobil mendapat daya tekan lebih pada bagian buritan (Downforce) agar bisa tetap melaju dengan mulus diatas aspal tanpa melayang ataupun melintir saat menikung. Bentuk umumnya wing memiliki tiang penyangga yang cukup tinggi dengan lembaran karbon yang didesain cukup besar dan lekukan yang sporty sedikit terlihat kaku dan berat.
Karena dipergunakan dalam ajang balap, maka dari itu bahan yang dipergunakan pun berupa karbon karena selain lebih kuat tapi juga ringan dibandingkan dengan model fiber yang cepat patah ataupun yang berbahan lempengan besi yang terlalu berat. Dalam perkembangannya, saat ini sudah banyak wing hanya untuk penggunaan aksesoris Modifikasi ringan berbagai jenis mobil. Modelnya pun ada yang sudah asli dibuat pihak pabrik seperti wing add-on yang kebanyakan berbahan karbon dan ada pula yang model custom yang biasanya dibentuk dari bahan fiber oleh modifikator untuk keperluan fashion saja.
Untuk model add-on pemasangan tidak membutuhkan waktu lama karena barang sudah tersedia sedangkan untuk model custom membutuhkan waktu yang agak lama sekitar 3 hari sampai seminggu, mulai dari pembuatan hingga pemasangan. Harga yang diterapkan pun bervariasi, yang pasti untuk wing berbahan karbon lebih mahal dibandingkan dengan yang berbahan material fiber. Untuk pemasangannya, antara wing dengan kap bagasi awalnya harus diberikan sealant dahulu agar posisinya presisi, kemudian diikatkan oleh mur dan baut, jadi bagasi harus dilubangi seukuran diameter mur dengan presisi agar tidak ada lubang lebih yang dapat dimasuki air.
Body Kit
Body kit itu terdiri dari bemper (Bumper) depan dan belakang, bagian samping (Side Skirt), area fender dan juga belakang atas (spoiler / ducktail). Jika pihak pabrikan seperti Mugen ataupun AMG, dalam membuat bodykit pasti telah membuat desain yang dapat memaksimalkan fungsi aerodinamis body, jadi tiap bagian dari body kit memiliki fungsi masing-masing, namun bukan berarti yang custom tidak memiliki kualitas desain yang aerodinamis, karena jika bengkel modifikasinya professional, pastinya akan membuat desain yang presisi dan mampu mengejar fungsi aerodinamika.
Untuk bagian body kit yang berada dibagian bawah, seperti bumper dan side skirt, sebenarnya dibuat untuk lebih mendekatkan jarak bodi ketanah guna memperkecil masuknya angin dari bawah sehingga pada kecepatan tinggi dapat mengurangi daya limbung / melayang, namun penggunaannya saat ini lebih kepada segi fashion Modifikasi saja, terutama buat body kit custom yang desainnya tidak memperhitungkan segi aerodinamika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar